Sabtu, 05 Oktober 2013

Bahasa Sebagai Alat Pencari Kerja

BAHASA SEBAGAI ALAT PENCARI KERJA

Di dalam dunia kerja, penggunaaan bahasa sering diistilahkan sebagai alat pencari kerja karena hampir seluruh perusahaan di Indonesia menginginkan karyawannya bisa memahami bahasa-bahasa Indonesia yang formal dan juga bisa menguasai bahasa selain bahasa Indonesia seperti bahasa inggris.
Penggunaan bahasa inggris sering kali sebagai sebuah persyaratan yang wajib dikuasai oleh setiap karyawan karena melihat perkembangan yang semakin maju dalam hal teknologi. Jika sebuah perusahaan tidak dimodalkan karyawan yang pintar dan bagus dalam berbahasa inggris, maka perusahaan tersebut akan sulit untuk berkembang kedepannya. Maka dari itu jika kita tidak menguasai setidaknya dua bahasa sekaligus yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris, maka kita akan untuk mendapatkan pekerjaan yang kualitas perusahaan tersebut tinggi.
Misalnya ambil sebuah contoh seseorang yang akan melamar kerja disebuah perusahaan ternama dan ketika di interview dengan salah satu manager di sebuah perusahaan tersebut calon karyawan itu bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan baku. Lalu ada calon karyawan selanjutnya yang ketika interview, dia menggunakan bahasa inggris dalam berbicara kepada manager tersebut dengan fasih dan lancar. Tenyata yang diterima oleh manager di perusahaan tersebut ialah calon karyawan yang berbicara dengan menggunakan bahasa inggris tersebut, sedangkan calon karyawan yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia tidak diterima.

Dari contoh kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa zaman yang sudah canggih dan maju ini dalam dunia kerja tidak cukup hanya menguasai satu bahasa saja, walaupun bahasa yang kita pakai sehari-hari baku sekalipun. Minimal kita bisa menguasai dua bahasa atau lebih agar suatu perusahaan tersebut dapat berkembang di dunia internasional dan Negara Indonesia juga dapat berkembang pesat seperti Negara-negara yang telah maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar